Piala Dunia Qatar 2022 Ciptakan Sejarah Wasit Wanita Akan Pimpin Laga Kosta Rika vs Jerman

Kosta-Rika-vs-Jerman-Dipimpin-Wasit-Wanita-Ini-Profilnya-
Kosta-Rika-vs-Jerman-Dipimpin-Wasit-Wanita-Ini-Profilnya-

Batanghari.Jambi Seru– Wasit perempuan bernama Stephanie Frappart akan memimpin pertandingan Kosta Rika vs Jerman di laga lanjutan group E Piala Dunia Qatar 2022 Jum’at (02/12/2022) dini hari mendatang.

Tentunya ini menjadi sejarah bagi dirinya serta sejarah baru dalam sepak bola wasit wanita memimpin pertandingan.

Hal ini merupakan untuk kali pertama ajang Piala Dunia ada Wasit wanita. Pertandingan ini sendiri akan berlangsung di Stadion Al-Bayt.

Dikutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul “Profil Singkat Stephanie Frappart, Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia Pemimpin Laga Kosta Rika vs Jerman,” Stephanie Frappart akan dibantu dua ofisial lain yaitu Neuza Back dan Karen Diaz.

Tugas memimpin pertandingan sepak bola telah digeluti Stephanie Frappart sejak lama.

Wanita berkebangsaan Prancis yang lahir pada 14 Desember 1983 itu mengawali karir sebagai wasit sejak tahun 2011.

Karirnya diawali dengan memimpin jalannya laga kompetisi kasta ketiga Liga Prancis. Tiga tahun berselang, Stephanie Frappart dapat promosi.

Pada 2014 Stephanie Frappart memimpin pertandingan Liga 2 Prancis. Ia tercatat pernah menjadi wasit sejumlah laga Liga Prancis.

Itu menjadikannya sebagai wasit wanita pertama yang dipercaya tampil di Liga 2 Prancis.

Pada 2015, Stephanie Frappart dipanggil menjadi wasit bersama beberapa ofisial wanita lain untuk Piala Dunia Wanita di Kanada.

Karir Stephanie Frappart meningkat setelah federasi sepak bola Prancis mengangkatnya untuk memimpin pertandingan Liga 1 atau liga tertinggi Prancis pada 2019.

Di tahun yang sama, Stephanie Frappart dipercaya memimpin jalannya laga Liverpool vs Chelsea di Piala Super Eropa dan menjadikannya sebagai wasit wanita pertama di kompetisi itu.

Stephanie Frappart diganjar penghargaan sebagai wasit wanita terbaik dunia versi Federasi Sejarah & Statistik Sepak Bola Internasional (IFFHS) pada 2019, 2020, dan 2021.

Kehadiran Stephanie Frappart di Piala Dunia 2022 bukan tanpa alasan. Di samping kemampuannya dalam memimpin laga, dan juga untuk menyuarakan kesetaraan gender.(riz)

Pos terkait