Melalui Hari Batik Nasional Sekda Batanghari Ajak Seluruh Elemen Mencintai Kebudayaan Nasional

Peringatan Hari Batik Nasional di Batanghari
Peringatan Hari Batik Nasional di Batanghari

 

 

Batanghari– Peringatan Hari Batik Nasional di Bumi Serentak Bak Regam diikuti oleh seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara dan Pegawai Pemerintah non ASN di Halaman Kantor Bupati Batanghari. Kamis (29/09/2022).

Dalam sambutan Bupati Batanghari M Fadhil Arief  yang disampaikan oleh Sekda Batanghari M Azan mengatakan, penetapan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non benda pada 02 Oktober 2009 oleh UNESCO merupakan awal bagi penetapan hari batik nasional setiap tanggal 02 Oktober.

“Peringatan ini merupakan wujud apresiasi Kita sebagai anak bangsa atas karya leluhur bangsa. Hal ini tentu juga menjadi satu upaya kita meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan Citra positif di forum internasional, serta keinginan pemerintah untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari, M Azan.

Disebutkan Azan, batik merupakan salah satu produk budaya bangsa yang telah mendunia, dan beberapa dasawarsa terakhir batik kian masif dikenal kepada segenap kalangan jenjang usia untuk memakainya dalam berbagai kesempatan.

“Banyak inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak, sehingga hari ini kita bisa melihat batik telah tumbuh menjadi produk industri yang banyak memberi nilai tambah bagi kehidupan,”ujarnya.(riz)

Pos terkait