Jokowi Kaget RI Masih Sering Impor Aspal

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

Batanghari- Indonesia yang terkenal memilik bahan baku pembuatan aspal dengan kualitas bagus dan bahan baku yang masi melimpah harus mengimpor aspal,membuat orang nomor satu di negeri ini terkejut.

Presdien Indonesia Jokowi setelah mengetahui hal tersebut dibuat meradang dengan seringnya masih mengimpor aspal.

Dikutip dari laman suara.com,(media partner Jambiseru.com) dengan artikel berjudul “Jokowi Kaget Ternyata RI Masih Suka Impor Aspal: Apa-Apaan Ini?“,”Kita punya aspal, kok, saya cek ke lapangan, ternyata enggak ada industrinya, baru 1 yang produksinya 100 ribu ton per tahun, kita impor malahan, ini apa-apaan,” kata Jokowi dalam acara UOB Economic Outlook 2023 di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Menurut orang nomor satu di Indonesia ini, keputusan melakukan impor aspal adalah sebuah kekeliruan dan harus segera dihentikan.

“Ini kesalahan yang harus dihentikan,” tegas Jokowi.

Jokowi pun melihat bahwa industri aspal bisa menjadi peluang bagi kalangan pengusaha untuk berinvestasi di sektor ini, mengingat pemain dalam industri ini masih sangat sedikit.

“Ini peluang, kalau bapak ibu mendengar seperti itu, peluang, ‘wah investasi industri aspal’. Itu baru kita baru berbicara kebutuhan dalam negeri, lho, kalau tambah ekspor gede banget,” kata Jokowi.

Padahal, kata Jokowi, dia selalu menegaskan betapa pentingnya melakukan hilirisasi industri agar Indonesia tidak hanya mengekspor bahan mentah demi meningkatkan nilai ekspor.

 

Ia mencontohkan, keputusannya menghentikan ekspor nikel mentah berhasil meningkatkan nilai ekspor dari Rp15 triliun menjadi Rp360 triliun per tahun.(Suara/riz)

 

Pos terkait