Keluarkan Asap Hitam Dari Pucaknya Jalur Pendakian Gunung Kerinci Ditutup

Gunung-Kerinci
Gunung-Kerinci

Batanghari.jambi Seru– Gunung Kerinci mendadak mengeluarkan asap hitam dari puncaknya. Akibat dari keluarnya asap hitam tersebut jalur pendakian semnetara ditutup. Saat ini status dari Gunung Kerinci sudah dinaikan menjadi level II.

Kepulan asap hitam itu terlihat keluar dari puncak Gunung Kerinci pada Minggu (27/11/2022) pagi, sekitar pukul 07.36 WIB. Sebelumnya, sejak 19 Oktober 2022, jalur pendakian ke puncak Gunung Kerinci ditutup karena erupsi yang terjadi di sana.

Menurut petugas Pramu Informasi/Pariwisata TNKS Kemen LHK, Maryono, kondisi gunung kerinci terpantau pada Minggu pagi sempat mengeluarkan asap hitam.

“Untuk Informasi dari pos jaga R 10 TNKS, memang tadi pagi gunung kerinci sempat mengeluarkan asap hitam mengarah ke timur laut pukul 07.36 WIB jeda waktu mengeluarkan asap lebih kurang 45 menit,” kata Maryono Minggu, (27/11/2022), seperti dikutip dari kerinciseipenuh.jambiseru.com.

Namun, kata Maryono aktifitas gunung Kerinci yang mengeluarkan asap hitam tidak terlalu lama. Terpantau kembali ke fase normal pada pada pukul 09.15 WIB.

“Namun pada pukul 09.15 WIB, gunung kerinci kembali ke fase normal tetapi masih di iringi dengan asap putih kekuningan,” ujarnya.

Pada siang hingga sore hari, gunung Kerinci tidak bisa terpantau oleh petugas pemantau R10 terkendala tertutup awan.

“Sampai saat ini gunung Kerinci tidak bisa terpantau karena ketutup awan,” jelasnya.

Petugas mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang sambil menunggu informasi dari PVMG gunung api Kerinci.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang sambil menunggu informasi dari PVMBG gunung api kerinci, informasi pendakian tetap masih ditutup, status gunung Kerinci saat ini waspada level II,” ungkapnya.

Informasi sementara, pembukaan kembali jalur pendakian gunung Kerinci, pihak TNKS mengatakan ada kemungkinan akan dibuka pada awal bulan Desember 2022.

Pos terkait