Ini Alasan Tim Panitia Pemilihan Kabupaten Membatalkan Hasil Pilkades Simpang Aur Gading

 

 

Batanghari.Jambi Seru– Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Batanghari terkait SK Sekretaris Daerah tentang pembatalan hasil Pilkades Desa Simpang Aur Gading dijelaskan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Batanghari.

Penjelasan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas PMD Batanghari, taufiq menyebutkan, pemabatalan hasil pilkades tersebut berdasarkan hasil yang ditemukan di lapangan.

“Iya, ada dasar kita membatalkan hasil Pilkades tersebut, berdasrkan kronologisnya ada 10 penjabaran makanya hasil pilkades tersebut dibatalkan,” ungkap Kepala Dinas PMD Batanghari, Taufiq, Rabu (25/01/2023).

Dikatakan Taufiq, dalam kronologis pemabatalan tersebut terdapat beberapa poin berdasarkan keberatan dari dua calon kepala desa yaitu Musodik dan Endi Kusnadi kepada panitia tingkat kabupaten tentang pelaksanaan pilkades.

“menyikapi keberatan tersebut Ketua Panitia Pemilihan Kabupaten beserta sekretaris dan anggota tim (Kadis PMD dan staf Bagian Hukum) pada 03 Januari 2023 melakukan audiensi Bersama PPDP serta melakukan peninjauan lapangan ke tempat tinggal pemilih yang dipermasalahkan,” ujarnya.

Disebutkan Taufiq, guna menemukan fakta hukumdan menghindari terjadinya keselahan dalam mengambil keputusan tim PP kabupaten kembali melakukan audiensi dengan PPK kecamatan Batin XXI, PPS Desa Simpang Aur Gading dan PPDP pada tanggal 12 Januari 2023, dan menemukan fakta hokum yang menjadi dasar tim PPK Kabupaten dalam mebuat keputusan terkait sengketa Pilkades Simpang Aur Gading.

“Berdasarkan data dan fakta hokum yang didapat saat audinesi tanggal 10 Januari 2023, tim PPK Kabupaten melaksankan rapat evaluasi Pilkades Simpang Aur gading pada tanggal 16 Januari 2023 disimpulkan bahwa proses pendaftaran pe,ilih di desa simpang aur gading tidak sesuai dengan ketentuan pasal 31 Pebub Nomor 58 tahun 2022, karena dilkukan oleh petugas yang tidak berwenang, yang berdampak terhadap keabsahan kurang lebih 309 pemilih berdasarkan daftar pemilih. Dan kita sepakat untuk membatalkan hasil pemilihan kepala desa simpang aur gading, karena pelaksanaan tahapan pendaftaran pemilih tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.(riz)

Pos terkait