Pemegang IUP di Jambi Harus Punya Alternatif Jalur Batu Bara, Komisi V DPR RI Harus Punya Modal Dong Enak Amat Ini Dunia

Para Anggota Komisi V DPR RI Saat Berkunjung ke Serambi Rumah Dinas Bupati Batanghari

Batanghari.Jambi Seru– Polemik pengangkutan batu bara menggunakan jalan umum di Provinsi Jambi terus menjadi sorotan. Bahkan baru-baru ini anggota Komisi V DPR RI turun langsung memantau kondisi jalan yang rusak berat akibat aktifitas tersebut.

 

Dalam diskusi yang dilakukan di Serambi Rumah Dinas Bupati Batanghari yang dihadiri langsung Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sanni, Bupati Batanghari M. Fadhil Arief, Wabup Batanghari Bakhtiar serta Kementrian PUPR.

 

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Nasdem Tamanhuri mengatakan, seharusnya para pengusaha pemegang IUP tambang yang ada di jambi ini harus memikirkan jalur alternatif pengangkutan batu bara.

 

“Pemerintah kan ada aturan, kita ada sungai besar, kenapa tidak digunakan? Bikin jalan, bikin pelabuhan. Kalua sungainya dangkal tinggal siapkan kapal pengeruk. Mereka harus ada modal dong, enak amat ini dunia,” kata anggota Komisi V DPR RI Fraksi Nasdem, Tamanhuri.

Disebutkan Tamanhuri, melihat fenomena yang ada saat ini, pemerintah daerah harus bertindak tegas. Sebab pemerintah pusat selalu menganggarkan perbaikan jalan, akan tetapi hal tersebut akan menjadi sia-sia jika tidak ada ketegasan dalam menegakkan aturan terkait penggunaan jalan.

“Kalau ini terus dibiarkan, maka habis Jambi ini. Tiap tahun pemerintah menganggarkan perbaikan jalan, tapi habis saja. Itu truk angkutan batu bara mereka tidak boleh lebih dari 85 cm, jadi muatannya hanya 3 sampai 4 ton saja, ini tidak bias sampai 12 ton, hancur jalan ini,” ujarnya.(riz)

Pos terkait