Kasus Penderita HIV Aids di Batanghari Meningkat

 

Batanghari.Jambi Seru– Kasus penderita HIV Aids di Bumi Serentak Bak Regam mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan data pemantauan Dinas Kesehatan ada 53 pasien kasus HIV Aids.

 

“Iya, jika kita bandingkan dengan angka tiga tahun sebelumnya berjumlah 24 kasus, tentunya mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” ungkap Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Nurjali, Selasa (17/01/2023).

 

Dikatakan Nurjali, dengan tingginya penyebaran HIV Aids di Bumi Serentak Bak Regam, pihaknya melakukan antisipasi dengan cara survei dan mengambil sampel terakhir yang diambil 60 responden di lapas kelas 2b muara Bulian yang sampai saat ini masih menunggu hasil sampel tersebut.

 

“Sampel terakhir kita ambil di lapas muara Bulian, dengan jumlah responden sebanyak 60 sampel, namun kita masih menunggu hasilnya ” ujarnya.

 

Disebutkan Nurjali, untuk penyebaran awal hingga saat ini belum diketahui secara pasti dari mana penderita HIV Aids mendapatkan penyakit tersebut.

 

“Kemuningkinan para penderita ini, terjangkit dari luar daerah. Mereka semua saat ini dalam pantauan kita,” tuturnya.

 

Diteruskan Nurjali, penyebab penyebaran HIV Aids ini biasanya penderita sering bertukar pasangan hubungan sex.

 

“Selain itu, juga disebabkan oleh penggunaan narkoba dengan satu jarum suntik. Untuk penyebab satu ini sangat rentan terserang virus HIV Aids,” katanya.(riz)

Pos terkait