Besok 843 Calon PPS Pemilu 2024 Akan Menjalani Tes Wawancara

Batanghari.Jambi Seru– Para pendaftar Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dinyatakan lulus seleksi tertulis akan mengikuti tes wawancara yang akan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari.

 

“Iya, tes wawancara akan kita laksanakan mulai Rabu (18/01/2023) hingga Jum’at (20/01/2023), jadi tes wawancara ini akan kita langsungkan selama tiga hari,” ungkap Komisioner Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Batanghari, Harapan Nami, Selasa (17/01/2023).

 

Dikatakan Nami, nantinya yang akan mengikuti tes wawancara ada 843 calon peserta PPS yang mengikuti tes wawancara di Sekretariat PPK di delapan kantor camat.

 

“Untuk penguji nanti kita delegasikan kepada PPK. Komisioner KPU bejumlah 5 orang, sementara seleksi wawancara ini ada di kecamatan masing-masing mengingat transportasi cukup jauh maka kita selenggarakan di kecamatan masing-masing dengan mendelegasikan kepada masing-masing PPK dan itu tentu akan kita awasi secara ketat oleh anggota KPU sendiri,” ujarnya.

 

Disebutkan Nami, pendelegasian kepada PPK itu hanya prinsip, wewenangnya tetap KPU kabupaten.

 

“Nantinya dari 124 desa dan kelurahan akan ada tiga orang PPS untuk Pemilu 2024 mendatang,” sebutnya.

 

Dilanjutkan Nami, pihaknya akan tetap memantau di masing-masing kecamatan.

 

“Ada 3 item penilian masing-masing skornya 100 jadi paling tinggi 300. Ada rekam jejak, komitmen, pengetahuan tentang kepemiluan akan kita gali dari masing-masing calon,” katanya.(riz)

Pos terkait