Bawaslu Perpanjang Pendaftaran Panwascam di Dua Kecamatan

Komisioner Bawaslu Iskandar
Komisioner Bawaslu Iskandar

Batanghari– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batanghari memperpanjang pendaftaran Panwascam untuk kecamatan tersebut ada tujuh orang pendaftar, terdiri dari dua orang perempuan dan lima orang laki-laki. Jika dipersentasekan dua orang pendaftar perempuan tersebut baru mencapai 28 persen.dua Kecamatan di Bumi Serentak Bak Regam. Pasalnya, dua kecamatan tersebut persentase pendaftar wanita tidak mencapai 30 persen.

“Iya, perpanjangan sudah kita buka dari 02 Oktober kemarin hingga 08 Oktober 2022 mendatang. Dua Kecamatan tersebut adalah, Kecamatan Batin XXIV dan Kecamatan Maro Sebo Ilir,” ungkap Komisioner Bawaslu, Iskandar saat dikonfirmasi  Jambiseru.com, Selasa (04/10/2022).

Dikatakan Iskandar, setelah dilakukan pendataan dua

“Sesuai dengan Juknis yang ada di Bawaslu terkait dengan penerimaan Panwascam ini untuk memenuhi keterwakilan perempuan harus mencapai 30 persen dari jumlah pendaftar maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran,” ujarnya.

Disebutkan Iskandar, selama dibuka pendaftaran selama dua hari ini belum ada yang melakukan pendaftaran. Akan tetapi pihaknya telah mengambil langkah untuk mengatasi hal tersebut.

“Upaya yang kita lakukan dengan menghimbau melalui surat ke beberapa organisasi kewanitaan yang ada di Batanghari, seperti Muslimat, Patayat dan sebagainya. Selain itu, kita juga melakukan jemput bola ke dua kecamatan tersebut mensosialisasikan perpanjangan pendaftaran Panwascam,” tuturnya.

Dilanjutkan Iskandar, jika sampai pada hari terakhir tidak ada yang mendaftar di dua kecamatan tersebut. Maka proses selanjutnya akan tetap dijalankan dengan pendfatar yang ada saat ini untuk melaksanakan tes tertulis.

“Setelah penutupan pendaftaran pihaknya akan melakukan pleno untuk pengumuman hasil admistrasi. Setelah hasil admistrasinya memenuhi syarat akan dilanjutkan dengan tes CAT, khusus yang lulus tes admistrasi,” katanya.(riz)

Pos terkait